Kamis, 03 Januari 2013

Perspektif Albert Einstein Untuk Kondisi Moral Bangsa Indonesia Saat Ini

“Bosan” juga memandang segala permasalahan yang melanda bangsa kita saat ini melalui perspektif agama. Berawal dari proses eksplorasi ide-ide liar dan termotivasi oleh candu nge-share dan keprihatinan yang sangat, lahirlah ide ini.

Mencoba menempatkan pemikiran pada seorang manusia yang telah mencantumkan namanya pada deretan manusia-manusia yang telah membentuk peradaban manusia. Seorang ilmuwan fisika, dari pernyataan-pernyataannya bisa diketahui bahwa ia juga seorang filsuf, Albert Einstein!

Berikut beberapa kutipan pernyataan-pernyataan Albert Einstein yang saya pilih untuk menyikapi Hard & Soft Violence yang telah dialami oleh Aceh, Yogyakarta, Papua, FPI, Lady Gaga hingga Irshad Mandji.

“Kedamaian tidak dapat diperoleh melalui kekerasan. Kedamaian dapat dicapai melalui pemahaman.”

“Aku percaya standarisasi dapat diterapkan pada automobil, bukan pada manusia.”

“Nilai sejati seorang manusia terutama ditentukan oleh sikap dan penilaian terhadap kebebasan yang diperoleh dari diri sendiri”

“Etika tingkah laku manusia seharusnya berdasarkan simpati, edukasi, dan ikatan-ikatan sosial, bukan dari agama. Manusia berada pada jalan yang sulit jika dikekang oleh ketakutan akan hukuman dan harapan akan penghargaan setelah kematian.”

“Usaha yang paling penting adalah perjuangan untuk moralitas dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Keseimbangan dalam diri dan makna hakiki eksistensi bergantung kepadanya. Hanya tindakan bermorallah yang memberikan keindahan dan harga diri dalam kehidupan”

“Dunia merupakan tempat yang berbahaya, bukan karena orang-orang yang melakukan kejahatan, tetapi karena orang-orang yang melihatnya namun tidak melakukan apa-apa”

“Memberikan contoh bukanlah cara lain untuk mengajar, tetapi satu-satunya jalan untuk mengajarkan”

Sebagai tambahan untuk menyikapi pesatnya perkembangan teknologi informasi, dengan konsekuensi gelombang informasi yang tidak terbendung dan munculnya trend social networking.

“Informasi bukanlah ilmu pengetahuan”

“Telah menjadi suatu kekhawatiran yang menakutkan melihat kemajuan teknologi telah melampaui kemanusiaan.”

Sekedar untuk brainstorming, mengembangkan wawasan dan inspirasi tumbuhnya pemikiran-pemikiran baru.

Sumber Kutipan: Alberteinsteinsite dan Einstein

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar